Interior Rumah Minimalis

Monday, April 6th 2015. | Rumah Minimalis

Interior rumah minimalis sebenarnya adalah merupakan faktor kunci dalam memberikan kesan kehidupan pada sebuah bangunan hunian, yang merupakan benda mati. Keberadaan interior rumah minimalis yang sesuai dengan karakter dan selera pemilik, akan merupakan penggambaran identitas yang pas untuk mewakili gaya hidup pemilik rumah. Hanya saja memang ada beberapa karakter khusus yang harus dipenuhi secara berdisiplin, saat kita menentukan bagaimana interior sebuah rumah minimalis.

Rumah minimalis sendiri, pada dasarnya mempunyai garis besar tema yang jelas. Yaitu membuang atau meniadakan sebanyak mungkin komponen yang relatif tidak diperlukan, dan hanya menyisakan komponen-komponen yang benar-benar diperlukan. Konsekuensinya, yang pada beberapa kasus justru merupakan keunggulannya, adalah komponen yang tersisa untuk digunakan hanyalah sedikit saja, yang secara mendasar benar-benar dibutuhkan. Pada sisi interior rumah minimalis, tentu saja garis besar konsep ini juga berlaku. Komponen furnitur ataupun komponen dekorasi dalam rumah, hanya beberapa saja jumlahnya, dan dipilih produk yang efisien dalam penggunaan space, energi dan perawatan. Serta biasanya dipilih dalam bentuk dan warna yang tidak menimbulkan banyak gangguan visual. Selaras, senada, harmonis, sehingga efek tampilan yang dihasilkan adalah bersih, rapi, lega serta jauh dari kesan sumpek dan sesak.

Interior Rumah Minimalis Modern

Beberapa trik yang sekiranya sesuai dengan tema interior rumah minimalis, antara lain :

  • Lantai sebanyak mungkin dibuat terbuka, karena efek lega akan mudah didapatkan dari area bebas yang cukup besar pada bagian lantai.
  • Gunakan sebanyak mungkin furnitur bersifat multi-fungsi. Kalau bisa, yang dilengkapi tambahan laci-laci untuk meletakkan pernik-pernik kecil, agar ruangan dapat lebih rapi.
  • Tempatkan komponen dekorasi secukupnya dan letakkan pada salah satu tempat berperan sebagai point of view, jangan terlalu menyebar sehingga memenuhi ruangan.
  • Berikan nuansa kalem pada ruangan dengan cat berwarna netral, dengan aksentuasi warna mencolok pada salah satu bagian (atau pada furnitur) sebagai pusat perhatian.
  • Buat storage tertutup, yang rapi, untuk menempatkan perkakas yang tidak sedang digunakan, sehingga tidak berserakan.
  • Sebaiknya mempunyai semacam ruang seperti gudang untuk menyembunyikan barang perkakas besar, sehingga tidak memenuhi area rumah lainnya.

Interior Rumah Minimalis

Dengan beberapa panduan serta ilustrasi gambar contoh interior rumah minimalis, semoga dapat membuka wawasan mengenai dunia interior ini.

tags: ,