Pondasi Rumah 2 Lantai

Saturday, June 27th 2015. | Rumah Minimalis

Pondasi rumah 2 lantai – Membangun rumah yang kokoh tentu dibutuhkan sebuah pondasi rumah yang kuat. Pondasi rumah menjadi begitu penting untuk dapat mempertahankan kondisi rumah agar tidak mudah retak bahkan roboh. Apalagi jika Anda ingin membangun rumah 2 lantai. Sehingga Anda harus benar-benar mempertimbangkan pondasi yang tepat agar struktur rangka dan bangunan di atasnya dapat tahan dengan segala kondisi.

Anda dapat mempertimbangkan kondisi kepadatan tanah dalam membangun pondasi rumah. Apakah nantinya akan menggunakan pondasi dalam atau pondasi dangkal? Pemilihan jenis pondasi juga bergantung pada bentuk dan arsitektur rumah yang akan dibuat. Sehingga pondasi dapat menopang dengan baik pada bangunan yang berada di atasnya. Apakah pondasi tersebut cocok untuk bangunan 1 lantai atau 2 lantai? Tentu membuat pondasi rumah 2 lantai akan membutuhkan biaya yang sepadan dan lebih mahal dibanding dengan rumah 1 lantai. Hal ini juga berkaitan terhadap beban dan bentuk rumah tersebut. Semakin tinggi sebuah bangunan tentu akan membutuhkan pondasi yang lebih kuat.

pondasi-rumah-2-lantaiSeperti pada contoh penampang pondasi rumah 2 lantai di atas. Anda dapat menentukan kebutuhan pondasi yang akan digunakan. Tentu setiap bagian pada rumah membutuhkan pondasi yang berbeda-beda. Nah pada bagian penyangga dari bagian rumah tersebut menggunakan pondasi foot plat dengan kombinasi pondasi batu kali. Hal ini diperlukan agar bangunan rumah menjadi lebih kokoh dan kuat.

Memilih pondasi rumah 2 lantai tentu membutuhkan perencanaan yang lebih matang. Sehingga antara pondasi dan struktur rangka di atasnya dapat saling mendukung. Agar bangunan rumah tahan dari masalah keretakan dan bahkan roboh. Apabila kedua jenis pondasi tersebut dirasa kurang memenuhi kebutuhan Anda, maka pondasi jenis strauss pile dapat menjadi pilihan terbaik Anda dalam membangun rumah 2 lantai.

Contoh Pondasi Rumah 2 Lantai

Oleh karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit maka Anda perlu mempertimbangkan  berapa lama bangunan tersebut akan digunakan. Apakah akan digunakan dalam jangka pendek atau jangka panjang? Mengingat kini Anda bisa menjumpai lahan yang dikontrakkan untuk sebuah bangunan kantor ataupun rumah. Maka agar biaya tidak terlalu melambung, maka Anda dapat memilih jenis pondasi standart untuk usia bangunan yang relatif berumur pendek. Namun mengingat pondasi juga akan digunakan sebagai hunian maka harus dapat menopang beban penghuni dan beban bangunan di atasnya. Sehingga pilihlah jenis pondasi yang terbaik untuk kenyamanan dan keamanan Anda dan keluarga.

tags: